Metode Operasi Bariatrik Diabetes yang Populer

Metode Operasi Bariatrik

Metode Operasi Bariatrik merupakan salah satu prosedur operasi untuk mengurangi potensi penyakit berbahaya karena obesitas, yang menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes. Metode operasi / bedah bariatrik diabetes ini bukanlah metode kecantikan seperti metode sedot lemak. Melainkan sebuah metode agar Anda dapat menjalani hidup dengan sehat dengan cara memaksa tubuh untuk lebih bekerja keras, sehingga menanamkan fungsi ini ke otak.

Apakah anda sedang cari dokter yang bisa mengerjakan operasi bariatrik diabetes? Kalau begitu, simak disini salah satu rekomendasinya..

Metode Operasi Bariatrik

Metode operasi bariatrik diabetes merupakan metode yang bertujuan merubah kebiasaan seseorang terutama dalam hal konsumsi dan pola makan. Dalam operasi bariatrik, akan ada beberapa pengurangan volume organ tubuh yang biasa menampung makanan yang Anda konsumsi. Dengan begitu, Anda akan cepat merasa kenyang dan tidak akan terlalu banyak mengonsumsi makanan, atau memiliki pola makan yang teratur.

Metode Operasi Bariatrik Diabetes

Ada 4 metode dalam operasi bariatrik diabetes yang dapat Anda pilih. Namun, dari keempat metode ini memiliki tujuan dan fungsi yang agak berbeda. Oleh karena itu Anda harus cermat dalam memilih, atau berkonsultasilah dengan ahlinya seperti Digestihealth Bariatrics. Karena Anda tidak akan dapat memutuskan sendiri tanpa mempunyai pengetahuan di bidang kedokteran. Berikut metode operasinya.

Sleeve gastrectomy

Sleeve gastrectomy merupakan metode operasi bariatrik  dengan tujuan menyingkirkan 80% lambung Anda. Tentu saja metode ini kadang diragukan keamanannya, namun jumlah kematian atau kegagalan jauh lebih rendah dari sedot lemak. Dengan hilangnya 4/5 lambung, Anda akan merasa cepat kenyang dan tidak mengonsumsi makanan berlebih.

Gastric bypass

Metode Operasi Bariatrik 2019

Metode gastric bypass adalah metode dimana lambung Anda akan dibagi menjadi dua bagian, kecil dan besar. Kemudian bagian kecil akan disambungkan dengan usus halus. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengurang penyerapan nutrisi di usus dan mengurangi volume daya tampung di lambung.

Biliopancreatic diversion with duodenal switch

Dalam metode ini, akan ada pemotongan lambung dan mengkoneksikan saluran langsung ke bagian terakhir dari usus halus.Namun, metode ini dikatakan metode yang paling beresiko tinggi. Selain terjadi penyambungan langsung, nutrisi yang Anda konsumsi pun tidak akan sempat diserap oleh tubuh. Sehingga meningkatkan risiko kekurangan vitamin dan gizi.

Adjustable gastric band

Mungkin ini adalah metode yang paling aman dan sederhana dalam operasi bariatrik. Tidak akan pemotongan atau pengurangan volume di lambung Anda. Melainkan dokter akan memasang sebuah cincin atau gelang pada lambung, agar dapat membatasi jumlah makanan yang dapat di tampung oleh lambung.

Dimana Bisa Operasi Bariatrik Untuk Diabetes?

Hal yang kemudian menjadi pertanyaan adalah sebetulnya Di mana kita bisa melakukan operasi tersebut. Ada banyak rumah sakit yang mungkin menyediakan itu semua namun Sebaiknya anda cari dokter spesialis yang memang berpengalaman. Salah satu rekomendasinya Anda bisa kunjungi bedahobesitas.id. Di sana ada seorang dokter ahli yang memang biasa mengerjakan itu semua Yani bernama Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp.B-KBD. Dia seorang dokter ahli yang praktek di Rumah Sakit Sumber Waras dan juga Rumah Sakit Pondok Indah. Beliau juga merupakan lulusan Unpad dan dokter yang berpengalaman dalam bidang bedah khususnya Bariatric Surgery, Operasi Usus Buntu, Penjahitan Luka, dan lainnya termasuk juga operasi bariatrik diabetes.

Ada banyak metode operasi bariatrik diabetes yang dapat Anda pilih, namun Anda harus benar-benar memahami risiko dari semua metode yang akan digunakan. Oleh karena itu, tetaplah hidup dengan sehat.